I Shall Not Hate

abuelaish-cover

Dalam kehidupan sehari-hari, hanya karena tergores sedikit perkataan, saya suka marah dan melampiaskannya ke siapa pun yang sedang berada dekat dengan saya. Dengan membaca kisah nyata yang ditulis oleh Doker Gaza yang mempunyai pola pikir luar biasa indah ini, bayak sekali hal-hal yang membuat saya malu menjadi manusia. Mengapa saya harus begitu cepat marah, sementara di luar sana, banyak orang yang mengalami nasib lebih tragis dari saya masih bisa lapang dada dan tetap berfikir positif.

Perjuangan seorang anak-laki-laki Gaza yang begitu percaya bahwa dia akan bisa menjadi sukses oleh kerja kerasnya. Pantang menyerah dan terus maju meskipun begitu banyak aral melindang di sepanjang jalannya menuju kesuksesan. Bahkan ketika nyawa yang harus dijadikan taruhan di zona perang yang ganas dan tak pandang bulu untuk menjentikan peluru. Rasanya kata-kata saja tidak cukup untuk mengambarkan apa yang saya rasakan ketika membaca kisah Izzeldin Abuelaish ini.

Betapa dia mampu menunjukan bahwa dia adalah orang yang tegar dan tidak mau memiliki dendam walaupun dia menyaksikan sendiri putrinya terkapar bersimbah darah dengan kepala terputus dari badan. Sebagai seorang ayah, dia begitu marah dengan apa yang terjadi pada keluarganya, namun dia mampu tetap berjalan dengan kepala tegak untuk menebarkan kebajikan dan perdamaian kepada sesamanya, bahkan pada bangsa yang merupakan musuhnya.

Kekuatan cinta dan apa yang dia ajarkan kepada anak-anaknya sungguh mempesona. Bahkan tiga putrid dan satu kemenakannya yang telah meninggal oleh serangan Israel tidak membuatnya menyerah untuk tetap menebarkan kebajikan.

Ah, saya tidak mampu mengetik lagi selain kata haru dan ingin menangis, betapa ada orang yang mempunyai hati mulia di tengah kejamnya dunia yang membesarkannya. Buku yang menginspirasi dan sangat saya rekomendasikan kepada semua orang yang cinta perdamaian. I Shall Not Hate by Izzeldin Abuelaish.

 

 

YuliDuryat

Lapang Asrm-Bantarsari

 

 

Leave a Reply

