The Secret Garden of Emperor Qianlong

Oleh Yuli Duryat

Mengapa orang luar lebih memahami sejarah menurut saya. Jawabannya karena mereka sangat menghormati dan merawat peninggalan sejarah dengan baik, tak seperti di Indonesia yang kebanyakan digali dan dijual ke orang asing, demi uang. Sore hari, setelah berlebaran dengan teman-teman seperjuangan, saya pergi ke museum di daerah Tsim Sha Tsui. Sayangnya, kami tidak diperbolehkan memfoto koleksi sejarah yang ada dalam museum yang diantaranya guci, cangkir minum teh, lukisan, meja dari akar kayu ukir dan beberapa peninggalan Kaisar Qianlong yang lain.

Rasanya menyenangkan bisa tahu sedikit sejarah dan budaya China di antaranya yang dipampang di musium ini adalah peristirahatan agung atau taman rahasia kaisar Qianlong. Kebun Qianlong dibuat oleh kaisar Qianlong sebagai tempat tinggal di masa pensiun setelah enam puluh tahun pemerintahan. Terletak di sudut timur laut Kota Terlarang. Bangunan menempati bagian barat Ningshougong Palace (Istana Ketenangan dan Panjang Umur). Kaisar Qianlong menetapkan pembangunan kebun Qianlong pada perayaan ulang tahun yang ke enam puluh di tahun 1770, dan butuh sekitar sepuluh tahun untuk menyelesaikannya. Taman Qianlong memiliki luas sekitar 5900 meter persegi, dan merupakan jalur yang sangat sempit pada sumbu utara dan selatan. Hal ini dibagi menjadi empat halaman ditata dengan jalan yang berkelok-kelok, bebatuan dan dua puluh tujuh bangunan berbagai ukuran.

Bangunan ini merupakan pencapaian yang baik dari arsitektur, desain interior dan perabotan selama pemerintahan Qianlong. Dalam makna dan isi, mengungkapkan keinginan kaisar untuk menjalani kehidupan setelah pensiun seperti pertapa dan  keinginannya untuk hidup panjang umur, tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga bagi pengikutnya.

Taman ini terdiri dari duapuluh tujuh bangunan, di antaranya adalah; Juanqinzai/Studio of Exhaution from Diligent Servis, adalah teater pribadi kaisar, tempat di mana kaisar menonton opera. Dinding dan langit-langit ruangan ini berhias lukisan perspektival taman di waktu musim panas dengan tanaman wisteria. Sanyouxuan atau Three Friend Bower adalah bangunan yang didekorasi dengan tumbuhan “Three Friends of Winter” yaitu, pinus, bambu dan plum yang mewakili integritas kelas sastrawan China. Ada juga Pavilium of Jade-Green Conch yang dalam bahasa China dinamakan Cuishanglou dibangun dalam bentuk lima petalled bunga plum, ia membawa arti kebesaran dan ketenangan.

Kami enjoy memasuki musium dan melihat-lihat, meski tiga teman yang ikut bersama kami kelihatan lelah mengikuti saya dan satu teman saya yang begitu antusias melihat-lihat peninggalan sejarah ini. Lagi-lagi, andai saja saya bisa membaca aksara China pasti acara jalan di museum ini akan lebih menyenangkan. Untungnya ada penjelasan dalam bahasa Inggris yang bisa sedikit membantu rasa penasaran kami.

Saya terheran ketika ada seorang China berusia kira-kira di atas lima puluh tahun yang mengamati dengan wajah dan mata yang teramat dekat dengan lukisan pohon bambu dan burung-burung yang beterbangan. Saya ikutan iseng dan mendekatkan muka saya ke lukisan yang dilapisi kaca itu, dan berguman, “Apa sih yang ia lihat sampai muka harus sedekat ini.” Teman-teman saya yang kebetulan berdiri dekat di samping saya menertawakan sambil memukul pundak saya.

“Dasar, tak kira kamu serius mengamati lukisan itu, ealah?”

Yah, perjalanan yang lumayan menyenangkan, di musim panas ini. Terlebih di dalam museum begitu adem dan tenang. Kalau saja boleh nggelosor, pastilah saya sudah nyenyak di dalam, dalam buaiyan pendingin ruangan dan lampu yang temaram. Gara-gara saking capeknya.

Lain kali jalan lagi yuk.

Advertisements

4 thoughts on “The Secret Garden of Emperor Qianlong

  1. wekekeke… sampai kapan nih pamerannya Jeng 🙂 aku belum liat, minggu lalu masih sibuk poll sampe lempoh juga ke teman2 organisasi. Laporan menyusul . hiks!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s